THOUGHTS

MESSI & CREATIVE AWARD

Yup siapa yang ga kenal Messi. Kalo dia udah di depan gawang, kemungkinan besar pasti masuk. Dia haus akan goal, kata haus mungkin untuk menggambarkan bagaimana dia berusaha sekeras mungkin untuk mencetak goal. Dan dari goal-goalnya lah namanya dikenal.  

Lalu kaitannya sama creative award apa?
 
Creative award itu adalah ajang dimana para creative worker di semua advertising agency berlomba untuk "naik panggung" (istilah kalo sudah menangin award). Di Indonesia, creative award utk para orang iklan adalah Citra Pariwara, dan naik setingkat ada Spikes Asia, AdFest dan diatasnya lagi ada Cannes. Ini baru sebagian kecil dari kompetisi creative yang ada. Yang mau gw bahas adalah masih inget kan gmn eagernya Messi dan brp goal yang udah dicetak yang membuat dia skrg salah satu pesepakbola terkaya.
Nah, sebenarnya ada kesamaan antara Messi dan para insan creative. Mereka sama-sama eager untuk bisa angkat piala, dan setiap award yang dimenangin means seperti sudah mencetak goal ke gawang lawan. Tapi ingat sepakbola itu permainan tim. Memang yang mencetak goal terakhirnya yah Messi, tapi dia ga bawa bola sendiri dari gawang kan?
Jadi kalo kita belajar dari Messi, yang mesti jd modal awal buat menangin award adalah eagerness. Haus dalam membuat goal. Berikutnya adalah kerjasama tim, tim yang kompak adalah yang ga peduli siapa yang akan diangkat atau dielukan tapi mereka merangkak dan melompat bersama. Jadi apapun posisi kita skrg, pastikan kita atau teman kita bisa mencetak goal. 



WE ARE IN WAR

Courtesy of (Advertising Agency: Kitchen, Norway)

This morning while I was on the way to office, I saw a billboard in front of me. Suddenly, I remember my lecturer said to us clearly, "Making an ad is like making war strategy". This is interesting and the simple way to explain, yes we are in war now. But how?

Okay first, as a campaign, we usually have tv commercial right? 
TV commercial is our Airborne, our paratrooper, even our B 52, bombing squad. Its literally bomb the area where the soldier or pilot don't meet the target directly. It is a tv commercial.

Next is, Print commercial. It is our battle tank, they meet our target but not touch each other. They can bomb but our target could be disappeared once they say the battle tank come.

Hey, we also talking about activation right in a campaign. Yes, it is our ground soldier, they meet our target directly. The know which is one our target. 

But those are when I was in college. But in 2014, what about digital?

I was thinking the same way when I was driving. So, how about digital, is this parable still suitable enough?
The answer is YES. Digital is our SPY. They are way smarter than other tool. They can specifically know our target from their ages, hobby, their favourite food even their daily activities. Our SPY could even live right next our target.

So, are we still in "war" ? once you open the browser, you are entering new war.
(@axelwidjaja)




No comments:

Post a Comment